• niasuniati

Branding dan Marketing Menurut Digital Marketing Agency

Updated: Sep 12

Kita sering mendengar istilah branding, namun masih banyak orang kurang paham apa sebenarnya branding itu. Sebagian orang mengasosiasikan branding dengan logo, namun, sebenarnya menurut kami sebagai digital marketing agency branding mempunyai cakupan yang lebih luas dari itu.

Branding adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan image sebuah produk/brand atau perusahaan, dari mulai logo, sampai value, visi misi dan bagaimana mereka menyampaikan value mereka kepada audience.


Brand biasanya mengandung beberapa unsur seperti brand values, brand mission, brand voice, dan brand positioning. Tentunya sebagai pemilik brand, Anda harus tahu hasil akhir seperti apa yang diinginkan.


Setelah proses branding berakhir, terjadilah proses marketing untuk memasarkan brand tersebut. Marketing didefinisikan sebagai langkah untuk memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat.


Sejalan dengan Hubspot yang menyatakan bahwa:

Marketing merupakan proses untuk menarik perhatian target pasar terhadap produk dan/atau jasa melalui pesan dan value sehingga target pasar akan merasa bahwa brand tersebut kredibel dan dapat dipercaya.


Marketing bisa dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti: media apa yang akan digunakan untuk pemasaran, siapa target market yang akan disasar, berapa budget yang akan dikeluarkan, bagaimana cara membuat pasar mengingat terus brand Anda, dan masih banyak hal lainnya.


Kesimpulannya, branding adalah karakter yang dimiliki oleh brand Anda dan marketing adalah strategi untuk memperkenalkan karakter tersebut. Strategi marketing bisa saja berubah-ubah, tapi bagaimana branding dibentuk, tidak berubah.


Dalam membangun brand, konsumen akan selalu ingat bagaimana pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan brand-mu. Sebagai contoh ketika kita masuk ke sebuah merk bank, petugas keamanan selalu membukakan pintu dengan sambutan yang hangat dan menanyakan kepada customer mengenai keperluannya. Nasabah bank ini pasti merasa dilayani dengan baik, berbeda dengan bank lainnya yang petugas keamanannya ditraining untuk melakukan pelayanan yang baik kepada nasabahnya. Inilah salah satu contoh optimasi dari branding. Otomatis customer pasti lebih mengingat bank A daripada bank B.


Jika Anda mempunyai usaha dan menginginkan brand Anda diingat dengan baik, segera konsultasikan kepada Dejitaru sebagai digital marketing agency. Dan Anda juga bisa memakai jasa digital advertising kami untuk brand Anda semakin dikenal di dunia digital.

11 views0 comments