Search
  • nissiaparamitha

Elemen Branding yang Mudah Diingat Konsumen

Elemen apa saja ya yang kira-kira memudahkan Anda untuk menciptakan branding yang mudah diingat oleh konsumen?


1. Nama Brand

Hal pertama yang wajib dipersiapkan adalah nama brand yang singkat sehingga mudah diingat dan diucapkan. Tuliskan dulu list nama-nama brand yang Anda inginkan. Pastikan tidak lebih dari tiga suku kata, agar lebih mudah diingat. Setelah itu, pastikan (dengan menggunakan search engine) tidak ada yang menggunakan nama yang sama.

Jika tertarik, Anda bisa mematenkan nama brand sebagai merk dagang satu-satunya milik Anda sendiri. Proses ini bisa dilakukan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI)


2. Ciri Khas Produk

Cara branding kedua adalah menentukan keunikan produk yang tidak dimiliki oleh brand lain. Sekilas nampak mudah tapi aslinya cukup sulit. Misalnya, Anda berjualan bakmi ayam. Di mana letak keunikannya? Mungkin dari packagingnya? Atau dagingnya yang berbeda dari kompetitor. Perbedaan inilah yang akan diingat oleh customer.


3. Logo

Jangan lupa mendesain logo yang iconic. Logo merupakan elemen branding yang sangat penting. Logo akan selalu diingat oleh konsumen. Buktinya, Anda selalu mengingat logo mobil Toyota, kan?



4. Pasang Iklan

Jaman digital seperti sekarang sangat memudahkan kita untuk memasarkan produk secara online. Iklan digital seperti iklan di sosial media, search engine marketing, akan lebih maksimal dan tertarget. Dari segi harga, iklan digital juga lebih terjangkau dibandingkan iklan di baliho besar atau spanduk-spanduk di pinggir jalan.


5. Ikut Pameran

Untuk kamu yang punya brand di kategori kuliner atau fesyen, cara ini sangat bermanfaat. Terutama pada pameran sudah punya brand besar. Anda berkesempatan memperkenalkan brand Anda dengan bertemu langsung ke calon customer.


6. Media Sosial yang Selalu Update

Jaman sekarang sudah umum jika mencari banyak informasi di Instagram. Kondisi ini mengharuskan semua pemilik bisnis menggunakan media sosial sebagai tempat menciptakan brand awareness, sekaligus tempat customer service bekerja. Anda bisa memanfaatkan Instagram dan Facebook sebagai media sosial tempat informasi bisnis Anda berada.








6 views0 comments

Recent Posts

See All