Search
  • nissiaparamitha

Fungsi Key Opinion Leader Dalam Proses Branding

Pasti sudah mengerti apa itu KOL namun masih ragu apakah mau menggunakannya untuk bisnis Anda. Apa sih untungnya menggunakan orang-orang berpengaruh di sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda? Setelah membaca artikel ini mungkin Anda bisa berubah pikiran.



1. Membangun Brand

Tujuan utama adalah membangun brand, terutama saat brand Anda belum dikenal oleh masyarakat. Proses ini terbilang cukup menantang sehingga berbagai macam strategi akan diterapkan. Karena itu, menjalankan kampanye dengan KOL adalah salah satu cara yang bisa dilakukan, tentunya dengan KPI tertentu. Pastikan Anda memilih figur yang memiliki relevansi kuat dengan brand bisnis Anda. Brand yang kuat akan menghasilkan penjualan yang baik.


2. Memperkuat Brand

Key opinion leader sering dianggap sebagai figur panutan oleh para pengikutnya. Karena itu, pendapat yang dikeluarkan oleh KOL dianggap sebagai sesuatu yang benar. Hal ini dapat digunakan untuk memperkuat brand Anda di mata masyarakat. Apalagi jika KOL memang mempunyai kredibilitas tersendiri sehingga tidak mungkin mau mempromosikan brand yang abal-abal atau tidak jelas kredibilitasnya.


3. Meningkatkan Kepercayaan

Perbedaan KOL dengan influencer berada pada kredibilitasnya. Influencer biasanya hanya mengandalkan popularitas sedangkan KOL mempunyai kualifikasi yang mumpuni pada sebuah bidang, sehingga lebih dipercaya oleh masyarakat. Inilah manfaat yang bisa diambil oleh pemilik brand bahwa dengan menggunakan KOL, kepercayaan masyarakat pada brand Anda akan meningkat.


4. Fungsi Efisiensi

Salah satu aspek yang harus diperhatikan saat membangun branding adalah efisiensi. Karena itu, dengan menggunakan key opinion dengan jumlah followers yang banyak, diharapkan akan lebih efisien daripada Anda memasarkan brand dengan cara membayar iklan. Dengan begitu, brand awareness akan lebih cepat terbangun.


5. Menghasilkan ROI Tinggi

Ini hal terakhir yang menjadi target mengapa perlu menggunakan key opinion leader. Efisiensi kampanye dengan KOL akan mendorong optimasi ROI. Karena itu, Anda perlu menetapkan tujuan ROI yang jelas apakah itu meningkatkan brand awareness, meningkatkan konversi, memaksimalkan penjualan, atau mengukur loyalitas konsumen karena semuanya mempunyai KPI tersendiri.


4 views0 comments

Recent Posts

See All