Search
  • nissiaparamitha

Jenis-Jenis Branding yang Perlu Kamu Tahu


Kegiatan branding adalah bagian dari proses pemasaran. Apa contoh branding yang Anda ingat? Mungkin selebgram-selebgram yang ada sekarang? Ya, itu salah satu contoh branding yang bisa Anda kerjakan, jika Anda berniat menjadi influencer. Masih ada beberapa jenis branding yang diperlukan di jaman digital ini. Mari kita pelajari bersama, branding apa saja yang bisa Anda gunakan.


1. Branding Produk

Contoh yang paling relevan dengan branding produk adalah Aqua. Brand air minum ini begitu kuat sehingga dipakai sebagai kata generalisasi untuk air minum dalam kemasan. Orang bisa berkata, “mau beli Aqua” tapi kita tetap mau jika diberikan air minum brand lain. Ini membuktikan bahwa kuatnya brand Aqua.


2. Branding Personal

Seperti namanya, orang dengan profesi tertentu memerlukan branding jenis ini. Biasanya artis, politisi, influencer, digital marketer. Tujuannya untuk membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. Media sosial adalah tools yang tepat karena jangkauannya lebih luas.


3. Branding Perusahaan

Kalau personal branding adalah citra dari sebuah objek, branding perusahaan berfokus pada keseluruhan perusahaan, sehingga masyarakat percaya kepada perusahaan tersebut, termasuk juga percaya produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya untuk produk personal hygiene, Unilever mempunyai branding yang sangat kuat.



4. Branding Geografis

Ternyata bukan objek saja yang bisa di-branding, wilayah juga bisa. Contohnya untuk mempromosikan daerah wisata, keunikan di daerah tersebut. Enjoy Bali, Visit Jakarta adalah contoh geographical branding.


5. Service Branding

Branding yang satu ini menekankan pada pengalaman konsumen yang berbeda menggunakan produk/jasa dari sebuah brand. Misalnya saja Sriwijaya airlines yang memberikan konsumsi ketika orang menjadi penumpangnya, di mana service tersebut tidak dimiliki oleh maskapai murah lainnya.


6. No brand Branding

Disebut juga minimalist branding. Branding jenis ini lebih menekankan kualitas produk dibanding brand itu sendiri. MUJI adalah salah satu brand yang menggunakan strategi ini. Kalau diperhatikan, barang-barang di toko ini tidak menggunakan brand sama sekali.

Jadi, branding mana pilihan Anda? Jenis branding akan berpengaruh ke strategi marketing yang digunakan.

4 views0 comments

Recent Posts

See All