Search
  • nissiaparamitha

Jenis Konten Marketing Untuk Publikasi


Peran digital marketing tidak lepas dari pembuatan konten. Karena itu, konten terbilang hal yang sangat krusial dilihat dari perannya yang begitu penting. Konten memiliki peran utama untuk edukasi, namun fungsi berikutnya adalah untuk membangun relasi dengan audiens untuk jangka waktu yang panjang. Karena itu, konten yang baik harus menyentuh emosi para calon pelanggan. Konten bisa ditempatkan dalam berbagai medium yang pastinya sudah dipikirkan penggunaannya untuk target market tertentu. Mari kita bahas satu-persatu:


1. Blog

Menurut saya ini merupakan bentuk konten yang ada pertama kali sejak internet ada, sebelum konten marketing menjadi populer seperti sekarang. Dengan blog, Anda bisa menginformasikan bermacam-macam materi tentang produk atau jasamu. Terlebih jika Anda bisnis, eksistensi website atau blog adalah sebuah keharusan.


2. Video

Dengan kemunculan Youtube pada tahun 2005, terlihat kecenderungan masyarakat lebih menyukai konten berbentuk video. Hal ini juga digunakan para pebisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada audiens. Jika Anda sudah punya blog, jangan lupa menaruh konten video di website Anda karena akan membuat audiens lebih betah berlama-lama di blog Anda.


3. Podcast

Jika Anda sedang menyetir, mungkin sulit untuk membaca atau melihat gambar bergambar. Jadi, konten podcast cocok untuk Anda. Walaupun tujuan akhirnya tetap untuk branding, konten podcast biasanya berbentuk storytelling. Anda harus mengemas podcast dengan baik sehingga pendengar tidak bosan mendengarkan cerita dari Anda.


4. Ebook

Akhir-akhir ini saya berniat mengikuti beberapa kursus online dan sebagai teaser untuk mengetahui apa isi course tersebut, saya bisa menguduh e-book. Namun, sebelumnya saya diminta untuk memasukkan email terlebih dahulu. Cara ini bisa diterapkan untuk mendapatkan database pengunjung website Anda, yang kemudian bisa dikonversi menjadi customer.


5. Email Marketing

Sebelum Instagram dan TikTok menjadi populer, email marketing justru sudah lebih dulu digunakan. Dan sampai sekarang masih terus digunakan untuk mengirim info promo dan newsletter terkait bisnis Anda.

3 views0 comments

Recent Posts

See All