• Mega Octavia

LANGKAH MUDAH MENYUSUN SOCIAL MEDIA STRATEGY

Di era revolusi digitalisasi kini, seluruh brand berlomba-lomba untuk melebarkan jangkauan bisnis melalui jejaring akun social media. Karena akses yang mudah, modal dan tenaga yang tidak perlu terlalu besar, serta dapat dibuat secara fleksibel.



Meskipin begitu, melebarkan kiprah brand di media sosial tidaklah semudah itu. Tentu saja Anda harus merancang social media strategy yang tepat untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Strategi ini nantinya juga akan memudahkan untuk mendapatkan target pasar yang lebih sesuai dan spesifik.


Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media


Strategi media sosial adalah susunan dari berbagai rencana yang didalamnya terdapat tujuan yang ingin dicapai di media sosial. Upaya ini untuk memandu bisnis mengembangkan basis audiens melalui konten dan interaksi di berbagai platform yang digunakan. Semakin spesifik, action-able, dan terukur strateginya, maka tentu akan semakin baik. Adapun langkah dalam menyusun social media strategy, ialah:


1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama dalam menyusun social media strategy adalah Anda harus menentukan tujuan yang pasti dan sejelas-jelasnya. Goals yang tepat tentu akan menjadi penentu keberhasilan sebuah strategi yang telah diciptakan. Adapun kategori tujuan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:


  • Primary goals : tujuan yang mendeskripsikan prioritas utama dalam strategi besar Anda seperti meningkatkan brand awareness dan lainnya.

  • Secondary goals : tujuan untuk menunjukkan objektif dan penilaian sebagai kelanjutan dari goal utama. Misalnya, dalam meningkatkan brand awareness, brand harus rutin posting.




2. Riset Kompetitor

Penting tentunya untuk Anda menengok kompetitor sebelum mulai mengeksekusi social media strategy yang telah disusun. Dengan mengamati kompetitor, Anda jadi dapat menentukan strategi yang lebih baik, serta belajar dari apa yang berhasil dan tidak berhasil dari kompetitor. Langkah ini tentu dapat menentukan peluang untuk keberhasilan strategi di media sosial bisnis Anda nantinya.


3. Menentukan Konten Kalender

Selanjutnya, Anda perlu merancang langkah demi langkah yang spesifik dengan membuat konten kalender. Tujuannya agar lebih konsisten menjalankan strategi yang sudah tersusun untuk dilakukan setiap hari.


Dalam konten kalender, Anda dapat mencantumkan secara jelas dan detail tentang jenis konten marketing, bentuk konten, target pasar, karakteristik audiens dan sebagainya. Hal ini agar penerapan social media strategy yang Anda ciptakan lebih tepat sasaran.


4. Optimasi Konten

Langkah terakhir dalam menyusun social media strategy yaitu Anda dapat mulai mengoptimasi dan meningkatkan profil secara berkala, agar audiens atau calon konsumen menilai bahwa bisnis Anda kredibel.


Pastikan akun media sosial Anda memiliki profil maupun keterangan yang lengkap, jika bisa Anda dapat mengubahnya menjadi akun bisnis untuk mendukung dan memperkuat brand identity bisnis Anda. Dapat juga menggunakan Paid Advertising atau Influencer untuk membantu brand menjangkau lebih banyak user.



Itulah langkah mudah menyusun social media strategy yang dapat Anda ikuti. Pastikan Anda dan tim menemukan formula yang tepat untuk menciptakan karakteristik media sosial dan market yang sesuai dengan bisnis Anda dan calon konsumen nantinya.







3 views0 comments