Search
  • nissiaparamitha

Langkah-Langkah Manajemen Media Sosial


Manajemen media sosial sedang sangat tren di masa sekarang dan memang terbukti banyak manfaatnya. Karena itu, sebelum memulai pemasaran dengan media sosial, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan tentukan terlebih dahulu. Tanpa arah yang jelas, keberadaan media sosial tidak akan membawa dampak yang besar.



1. Media Sosial diperlukan untuk menentukan tujuan

Langkah pertama, apa yang Anda harapkan dari keberadaan media sosial untuk bisnis Anda? Apakah untuk meningkatkan awareness terhadap brand? Untuk menarik arus pengunjung ke website? Atau sebagai pusat customer service?

Tetapkan dahulu tujuan dari media sosialmu secara spesifik dengan ukuran yang jelas. Jika yang ingin diukur adalah awareness terhadap merk tertentu, maka tolak ukurnya adalah jumlah views.


2. Menetapkan Sasaran

Seperti layaknya pemasaran offline, Anda perlu menetapkan target market. Siapa konsumen utama dari produk Anda. Berlaku juga untuk tahapan manajemen sosial media selanjutnya. Kamu harus menetapkan profil audience untuk mencapai tujuan di tahap pertama. Kalau sudah tahu mau menyasar siapa, kamu harus mempunyai data tentang karakteristik dan perilaku mereka, apa yang mereka suka, media sosial apa yang mereka pakai, dan pada jam berapa mereka menggunakan media sosial tersebut.


3. Menetapkan Konten

Setelah tahu karakteristik target market, kamu bisa merancang konten seperti apa yang disukai oleh target market tersebut. Pendekatannya harus sesuai dengan kesukaan dan hobi mereka.


4. Memilih Media Digital Pemasaran

Ketika step satu sampai empat sudah dicapai, saatnya memilih media sebagai tempat pemasarannya. Apakah Twitter? YouTube? atau Instagram? Atau TikTok?

Karena media sosial mempunyai sisi teknis dan fitur yang hampir mirip. Maka, jika tujuan, profil sasaran, dan kontennya sudah jelas, kita tinggal pilih yang paling pas, cocok untuk memuat konten yang sudah dirancang dan aktif digunakan oleh sasaran.


5. Evaluasi dari Setiap Channel yang Dipilih

Yang perlu diingat, media sosial bukan hanya untuk meng-upload konten tapi juga membangun relasi dengan audience yang akhirnya akan menjadi pelanggan setiamu.

5 views0 comments

Recent Posts

See All