Search
  • nissiaparamitha

Lima Cara Menghindari Kekecewaan Pelanggan

Bersinggungan dengan customer terkadang bukan hal yang mudah, apalagi client pasti mempunyai ekspektasi tertentu terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan atau ekspektasi terhadap produk yang mereka gunakan. Untuk menghindari munculnya rasa kecewa, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan!


1. Cepat Tanggap

Jika ada calon customer yang membutuhkan penjelasan produk yang lebih rinci, Anda harus dengan sigap menjawab pertanyaan mereka dan memberikan semua informasi yang mereka butuhkan. Coba bayangkan jika Anda yang berada di posisi pelanggan, pasti terasa menyebalkan jika pertanyaan tidak mendapatkan respon yang cepat. Pastikan juga semua informasi yang diberikan adalah valid, karena jika tidak Anda bisa dianggap menipu customer.


2. Istimewakan Pelanggan

Pernah dengar pepatah “pelanggan adalah raja”? Ini berkaitan dengan kepedulian Anda terhadap customer. Jadi, jangan pernah mengabaikan customer. Berikan pelayanan terbaik, buatlah pelanggan merasa istimewa, misalnya dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun. Dengan begitu, Anda sudah menerapkan langkah untuk menghindari kekecewaan pelanggan.


3. Pahami Kebutuhannya

Ini adalah aturan baku yang harus selalu dipegang oleh semua pengusaha. Cari tahu terlebih dahulu, apa yang sebenarnya calon pelanggan butuhkan dan jangan dulu memikirkan untung besar. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda dapat menjual lebih baik dan keuntungan pun akan datang dengan sendirinya.


4. Tepati Janji

Banyak pengusaha yang menjanjikan bonus, diskon, dengan tujuan untuk menarik hati pelanggan. Namun, mereka tidak menepatinya yang akhirnya mengecewakan pelanggan dan meninggalkan produk/jasa Anda. Karena itu, sesuaikanlah janji dengan kemampuan perusahan sehingga Anda bisa selalu menepati janji tersebut. Tidak menjadi masalah jika hadiahnya kecil, yang penting ditepati. Hasilnya, customer akan tetap loyal dengan perusahaan Anda dan ini berguna untuk menghindari kekecewaan pelanggan.


5. Mengalah

Ketika ada complain dari customer, cobalah untuk tetap tenang dan mengalah. Jangan membantah karena akan membuat emosi pelanggan semakin naik. Untuk mempertahankan pelanggan tersebut, Anda dapat memberikan kompensasi berupa voucher atau produk gratis serta meminta maaf untuk ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

1 view0 comments

Recent Posts

See All