Search
  • nissiaparamitha

Lima Contoh Loyalty Program yang Efektif

Jika bisnis Anda sudah berjalan lebih dari tiga tahun, Anda harus memikirkan cara agar customer tetap setia pada Anda. Beberapa contoh di bawah ini bisa Anda tiru untuk membuat pelanggan tetap "lengket" pada produk Anda.


1. Loyalty Point atau Poin Loyalitas

Anda pasti sudah familiar dengan yang satu ini. Program loyalty poin sering digunakan oleh supermarket tempat Anda berbelanja. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan melakukan pembelanjaan dengan nominal tertentu, Anda bisa mendapatkan poin. Poin ini dikumpulkan sampai mencapai batas tertentu dan bisa ditukarkan dengan produk, layanan diskon, atau potongan harga.

2. Event Terbatas

Event terbagi menjadi dua yaitu untuk individu dan untuk umum. Anda pasti sering melihat event seperti “Summer Sale” atau acara tahunan bagi-bagi hadiah seperti “Gebyar BCA” (diadakan beberapa tahun yang lalu). Jadi, pada saat-saat ini perusahaan membagikan hadiah atau keuntungan melalui diskon, atau free service. Untuk event individu, bisa pada saat individu tersebut ulang tahun. Programnya juga bisa memberikan voucer diskon atau voucer mencoba produk/jasa gratis. Dengan demikian, akan terbangun ikatan emosional antara Anda dan customer.

3. Program Membership

Biasanya ini menjadi satu dengan program loyalty poin. Ketika customer sudah punya member, akan ada benefit khusus yang didapatkan, dan tidak dimiliki oleh customer yang tidak mempunyai member. Program ini juga bisa dibuat bertingkat (tier), di mana yang membedakannya adalah poin dan previledge yang didapatkan. Misalnya, member platinum akan mendapatkan makanan gratis saat berulang tahun senilai Rp1.000.000.000,- namun member silver hanya Rp200.000,-

4. Kemitraan

Bahasa kerennya untuk jaman sekarang adalah “endorse”. Endorse adalah program kemitraan untuk mengkampanyekan sebuah produk, dengan imbalan produk tersebut secara gratis atau dengan perjanjian tertentu.

5. Program Value Brand

Contoh konkrit bentuk program ini adalah penawaran buy one get one atau diskon yang dikembalikan dalam bentuk cashback. Dengan bentuk program seperti ini, value dari brand akan meningkat sehingga customer akan melakukan pembelian lagi alias berlangganan.

Masih ada pertanyaan seputar bagaimana cara membuat pelanggan loyal terhadap Anda? Konsultasikan dengan Dejitaru untuk mendapatkan advis terbaik!

2 views0 comments

Recent Posts

See All