Search
  • dejitarustudio

Pemasaran Media Sosial Organik vs Iklan Berbayar

Apakah Anda ingin memulai bisnis secara online? Apakah Anda bingung memilih platform yang tepat? Apakah Anda ragu mau promosi secara organik atau berbayar?



Simak artikel ini mengenai pemasaran media sosial organik vs iklan berbayar.


1. Apa itu Organik Marketing?



Strategi pemasaran organik membawa pelanggan ke bisnis Anda secara alami dengan proses bertahap. Proses ini biasa dikenal dengan sebutan inbound marketing atau pemasaran konten. Karena organik, maka hasilnya tidak bisa cepat dan optimal.


Menggunakan strategi pemasaran organik, Anda tidak bisa berharap trafiknya akan meningkat langsung secara cepat. Karena pada kenyataannya membutuhkan waktu yang lama, bisa berbulan-bulan atau bahkan tahunan.


Jenis-Jenis Platform Social Media



Pertanyaannya sekarang, platform apa yang tepat untuk bisnis Anda? Sebelum menentukan platform, sebaiknya Anda menentukan target pasar/produk/layanan yang dijual.


Berikut beberapa platform yang paling banyak digunakan untuk pemasaran.

  •  Fecebook

Fecebook merupakan platform terbesar saat ini. Di Facebook Anda bisa memiliki halaman bisnis dan berjualan di dalamnya. Pemilik bisnis juga dapat bergabung dengan grup yang bisa menghubungkan Anda dengan orang lain yang berada di segmennya. Jika Anda memiliki target pasar dari anak muda hingga orang tua, Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.


  •  Instagram


Instagram merupakan platform media sosial kesukaan generasi muda. Instagram adalah platform berbasis gambar yang dirancang untuk mengunggah konten foto, video atau Instastory. Hampir semua pelaku bisnis melakukan promosi di platform instagram.


  • TikTok


TikTok sekarang sangat populer, khususnya di generasi Z. Jika bisnis Anda mempunyai target pasar generasi Z, Anda bisa mencoba platform TikTok. Untuk konten di TikTok, buatlah video sealami mungkin, fun, dan mengikuti tren terkini. Karena konten seperti itu yang disukai oleh generasi Z.


2. Iklan Berbayar



Iklan berbayar atau dikenal dengan Paid Ads merupakan cara pemasangan digital melalui pemasangan iklan di platform sosial media tertentu. Cara ini digunakan dengan tujuan mendapatkan trafik pengunjung ke sosial media atau ke website Anda. Untuk menggunakan fitur iklan ini, Anda harus membayar biaya pemasangan iklan pada penyedia layanan dari platform media sosial yang Anda pilih.


Selain google Ads, Anda juga bisa mencoba memasang iklan di platform seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads dan yang terbaru adalah Tiktok Ads.


Jika Anda tidak paham cara memasang iklan digital, Anda bisa memakai jasa Digital Advertising Agency.


Digital Advertising Agency lebih mengerti detail mengenai paid ads seperti objective nya apa, Interest KPI nya yang cocok untuk bisnis Anda.


Paid Ads memiliki kelebihan seperti meningkatkan awareness, consideration, conversations, views, serta engagement yang maksimal untuk bisnis Anda. Cara ini bisa menarik calon pelanggan baru yang bukan followers Anda. Untuk paid ads, sebaiknya Anda menyiapkan anggaran iklan setiap bulannya agar produk Anda bisa terus menjangkau calon pelanggan baru.


Jadi menurut Anda manakah yang cocok untuk bisnis Anda?

Organik atau iklan berbayar?



4 views0 comments