Search
  • dejitarustudio

Trend Digital Marketing 2021 untuk Mengejar Mimpi Bisnis Anda



Sebagus apapun kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan pada bisnis Anda, semua akan percuma apabila tidak ada orang yang mengetahuinya. Alhasil, keinginan untuk meningkatkan penjualan pun akan sulit. Di sinilah promosi memiliki peranan penting pada bisnis Anda. Namun, promosi tidak bisa dilakukan asal-asalan. Dibutuhkan strategi agar promosi bisnis Anda tepat sasaran dan dapat memberikan hasil yang maksimal.


Di jaman internet seperti sekarang, promosi secara digital (digital marketing) sudah terbukti berhasil membantu meningkatkan penjualan. Kuncinya adalah dengan mengetahui trend digital marketing yang sedang berlangsung. Untuk tahun 2021, Anda bisa melihat beberapa trend digital marketing yang dapat diterapkan pada bisnis Anda.


1. Konten video masih banyak peminatnya



Sejak beberapa tahun terakhir, konten digital marketing mulai banyak dipenuhi oleh video. Bahkan menurut data dari Cisco, video diperkirakan bakal mendominasi konten digital marketing pada 2021 nanti. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang lebih menyukai informasi berupa visual bergerak/video. Menurut data dari Tubular Insight, sekitar 64% orang akan membeli produk setelah menonton konten video.


Jadi, apabila Anda belum menggunakan video sebagai sarana promosi digital, sekarang adalah saat yang tepat untuk mencobanya. Anda bisa meng-upload-nya di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Kontennya bisa bermacam-macam, mulai dari berbagi tips di bidang bisnis yang Anda kerjakan hingga menunjukkan behind the scene proses kerja Anda bersama tim.


2. Omnichannel marketing



Omnichannel marketing dapat diartikan sebagai model promosi lintas channel, baik secara online dan offline. Contohnya, ada pelanggan yang berbelanja produk Anda melalui website. Namun, karena berbagai alasan, ia tidak dapat melakukan transfer pembayaran. Nah, Anda bisa menyediakan opsi untuk membayar secara COD (cash on delivery) sekalian mengantarkan barang yang ia beli.


Dengan omnichannel marketing, pelanggan bisa lebih praktis dan nyaman dalam melakukan pembelian. Hal ini tentu akan berdampak baik terhadap bisnis Anda. Berdasarkan, riset yang dilakukan Invesp menunjukkan bahwa bisnis yang menggunakan strategi omnichannel marketing bisa meningkatkan engagement pelanggan hingga 89%.


3. Optimalisasi Instagram Stories



Sejak pertama kali muncul pada 2016, popularitas Instagram Stories terus meningkat. Banyak brand yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnisnya. Tahun 2021, hal tersebut diprediksi masih akan booming. Apalagi pengguna Instagram di Indonesia cukup banyak, mencapai 53 juta orang. Artinya, Anda bisa menjangkau banyak pelanggan melalui Instagram Stories.


Fitur-fitur inovatif Instagram Stories, banyak hal seru yang bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda bisa melakukan polling, merekam kegiatan behind the scene, membuat konten Boomerang, hingga live video. Dengan begini, bisnis kamu akan menciptakan image yang ramah, fun, dan relatable.


4. Influencer marketing masih dipertimbangkan



Coba posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Kemungkinan besar Anda akan membeli sebuah produk apabila direkomendasikan oleh orang yang Anda kenal dan percaya, kan? Itulah kenapa influencer marketing jadi trend digital marketing yang masih booming pada 2021 nanti. Dilihat dari Markeeters, data menunjukkan bahwa delapan dari sepuluh orang konsumen cenderung mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal.


Jadi, pada dasarnya, influencer adalah orang-orang yang umumnya memiliki followers banyak dan dikenal ahli dalam bidang tertentu. Kalau misalnya Anda menjual kosmetik, Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang memang terkenal dalam bidang tersebut. Ajak mereka untuk menggunakan produk Anda sehingga followers mereka tertarik membelinya.


Mengingat trend digital marketing yang terus berubah, Anda pun dituntut untuk bisa adaptif dalam menghadapi trend yang muncul. Dengan begitu, konten promosi yang Anda buat akan sesuai dengan kondisi terkini. Semakin tinggi tingkat kesesuaian suatu konten, maka konten tersebut akan lebih mudah menjangkau target audiens sehingga peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis pasti lebih besar.


Namun, tentunya strategi digital marketing saja tidak cukup untuk mewujudkan mimpi di dunia bisnis. Anda juga harus mengimbanginya dengan soft skill yang mumpuni.


Jika Anda tidak punya waktu dan skill untuk memasarkan bisnis Anda melalui digital Marketing, Anda bisa memakai jasa DEJITARU STUDIO


2 views