Search
  • nissiaparamitha

Empat Tipe Consumer Behavior

Salah satu aspek yang harus Anda pelajari ketika berhadapan dengan customer adalah bagaimana mereka menjatuhkan pilihan pada produk atau jasa Anda, atau lebih spesifiknya tentang consumer behavior. Mari kita simak satu per satu:



1. Complex Buying Behavior

Tipe pertama adalah complex buying behavior. Sesuai dengan namanya, tipe customer ini adalah sulit membuat keputusan. Perilaku seperti ini terjadi saat membeli barang dengan harga mahal dan jarang dibeli, sehingga konsumen membutuhkan pertimbangan panjang.


2. Dissonance Reducing Buying Behavior

Tipe kedua, dissonance reducing buying behavior. Disonansi terjadi ketika konsumen khawatir terhadap produk/jasa yang dibeli apakah tepat atau tidak. Biasanya terjadi ketika banyak brand menawarkan produk yang sama. Misalnya, Anda hendak mencari shampoo mobil dan Anda membandingkan dari merk A, B, dan C.


3. Habitual Buying Behavior

Tipe ketiga adalah kebalikan dari tipe pertama yang butuh pertimbangan panjang. Habitual buying behavior menggambarkan customer yang sudah terbiasa membeli barang tersebut. Biasanya terjadi pada pembelian kebutuhan pokok seperti beras.


4. Variety Seeking Behavior

Tipe terakhir juga sesuai dengan namanya, konsumen mencari tipe lain dari sebuah produk. Bisa dari brand lain. Penyebabnya mungkin customer ini bosan dengan produk yang biasa digunakan. Misalnya, Anda terbisa menggoreng dengan minyak kelapa, lalu suatu saat Anda membeli minyak jagung karena merasa minyak jagung lebih sehat.


Jika Anda sudah mengetahui variasi dari consumer behavior, Anda bisa merancang proses branding yang cocok untuk mengambil hati konsumen. Contohnya, jika konsumen termasuk kategori complex buying, Anda bisa melakukan pendekatan dengan memaparkan kelebihan produk/jasa Anda sehingga calon customer mengerti benar tentang apa yang Anda jual sehingga mereka tidak merasa keberatan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi barang yang menunjang keperluan mereka. Jika konsumen Anda bertipe kedua, konten branding yang cocok adalah pemaparan tentang spesifikasi dan kegunaan produk, dibandingkan dengan kompetitor. Dengan mengerti perbedaan produk Anda dengan toko sebelah, konsumen akan lebih yakin memilih produk Anda.


Masih memiliki pertanyaan seputar branding apa yang cocok untuk customer Anda? Jangan ragu untuk hubungi Dejitaru untuk konsultasi lebih lanjut!

1 view0 comments

Recent Posts

See All